Belajar c++ kembali, Halo, kawan sekarang admin mau membuat tutorial C++ untuk pemula sebelum ke tkp ūüėÄ kita cari tahu dahulu apa itu C++? Bagi yang belum tahu kita jelaskan sebagai berikut ini

Pengenalan C++

Pertanyaan paling mendasar, apa itu C++?
Singkat cerita, C++ merupakan bahasa pemrograman yang di buat oleh Bjarne Stroustrup, yang merupakan perkembangan dari bahasa C yang dikembangkan pada awal tahun 1970-an. Untuk lebih jelasnya bisa baca Belajar Pemograman C++ dengan mudah

Salah satu perbedaan yang paling mendasar antara bahasa C++ dengan bahasa C adalah dukungan terhadap konsep pemrograman berorientasi objek atau Object Oriented Programming sedangkan c merupakan bahasa prosedural.

Secara umum, pemrograman dengan bahasa C menggunakan 2 konsep, yaitu data dan algorithms. Data merupakan bahan yang akan diolah, sedangkan algorithms adalah metode pengolahan.

Tapi bagaimanapun juga, penggunaan bahasa prosedural seperti C sangat tidak efisien untuk pembuatan software skala menengah ke atas.

Terlalu banyak perulangan, percabangan, dan kode yang harus kita ketikan. Kemudian bahasa C ini dikembangkan ke tingkat lebih lanjut yaitu bahasa C yang berorientasi object yang disebut dengan C++.

Membuat Hello Word

Contoh program sederhana C++ untuk hello world dengan menggunakan  C++ dapat dilihat di bawah ini :

Baris pertama :

Sebagai bagian dari proses kompilator, Kompilator dari c++ menjalankan program yang dinamakan preprosesor. Preprosesor memiliki kemampuan menambahkan dan menghapus kode dari sumber, Pada bagian #include memberitahuakan preprosesor untuk menyertakan kode dari iostream, Berkas iostream berisi deklarasi untuk berbagai fungsi yang dibutuhkan oleh perangkat lunak, atau class-class yang dibutuhkan.

Baris kedua :

Pernyataan ini mendeklarasikan fungsi utama, bahwa suatu program C++ dapat berisi banyak fungsi, yang harus selalu memiliki sebuah fungsi utama (main function), Fungsi adalah modul yang berisi kode-kode untuk menyelesaikan masalah-masalah tertentu. Kata Void menandakan fungsi main tidak bertipe.

Baris ketiga :

Kurung kurawal buka menandakan awal program.

Baris keempat :

Cout adalah sebuah object dari Pustaka perangkat lunak standart C++ yang digunakan untuk mencetak string ke piranti output standart, yang biasanya adalah layar komputer, Compiler menghubungkan kode dari pustaka perangkat lunak standar itu dengan kode yang telah ditulis untuk mendapatkan hasil executable, Tanda

adalah format modifier yang digunakan untuk berganti baris setelah menampilkan string, jika ada cout lain pada program tersebut, maka string yang menyertainya akan dituliskan pada baris bawahnya. Baris kelima:

Kurung kurawal tutup menandakan akhir program.

Sangat mudah bukan belajar c++ ikuti tutorial selanjutnya yah