Setelah di tutorial sebelumnya kita belajar tentang apa itu css, di tutorial kali ini kita akan belajar mengenai bagaimana cara penulisan CSS, mengapa kita belajar ini karena ada 3 Cara dasar dalam Penulisan CSS di HTML, Metode Inline Style, Metode Internal Style Sheets, Metode External Style Sheet.

Metode Inline Style

Metode inline style adalah menyisipkan css secara langsung di tag HTML dengann menggunakan atribut style, kita lihat contoh di bawah ini :


Metode Internal Style Sheets

Metode Internal Style Sheet atau metode dimana kita menyimpan css didalam satu file dengan HTML nya dengan menggunakan tag <style></style> yang sebelumnya kita, langsung aja kita lihat contohnya :


Metode External Style Sheets

Metode External Style Sheets adalah menyimpan css di dalam file baru layaknya seperti html, jadi kalau kita membuat html .html ektensi filenya dan kalau css .css ektensi filenya, jadi jika kita buat file.html dan buat juga file.css kita lihat contohnya di bawah ini :

Metode External Style Sheets digunakan untuk ‘mengangkat’ kode CSS tersebut kedalam sebuah file tersendiri yang terpisah sepenuhnya dari halaman HTML. Setiap halaman yang membutuhkan kode CSS, tinggal ‘memanggil’ file CSS tersebut.

Itulah tiga cara dasar dalam penulisan sebuah css, yang saya sarankan anda menggunakan cara ketiga karena file html dan css di pisah agar mudah dalam mengubahnya. itu adalah tutorial cara penulisan css, semoga bermanfaat sampai jumpa di lain tutorial, jangan lupa share, salam coder.