Yang sering anda temui dalam sebuah website adalah link. Link ini akan membuat konten atau tag HTML dapat di klik dan akan mengarahkan/membawa anda ke halaman web lainnya. Biasanya suatu link ditampilkan berwarna biru dan bergaris bawah (selama belum diberi style).

Link atau biasa disebut dengan anchor (pengait) dapat dibuat dengan menambahkan tag <a> pada teks yang ingin kita buat menjadi link.

Klik <a>disini</a> untuk mendownload

Namun anda tidak akan melihat perubahan pada teks “disini” karena kita belum “mengaitkannya” ke halaman web lain. Untuk itu kita akan menggunakan attribut href untuk menyimpan alamat web yang akan dituju ketika link di klik (penulisan lokasi sama halnya dengan attribut src pada tag img).

Klik <a href=‚http://www.alamat-tujuan.com‛>disini</a> untuk mendownload

Sebagai latihan kita akan membuat file HTML baru dan membuat link untuk mengaitkannya ke latihan-latihan sebelumnya.

Caranya :

  1. Buatlah file, simpanlah di folder yang sama dengan latihan-latihan sebelumnya
  2. Ketikkan kode berikut

Untuk membuat link yang mengacu ke halaman web lain, pastikan anda menyertakan http:// pada atribut href link tersebut. Misalnya <a href=”https://www.google.com”> Buka Google </a> Anda juga dapat membuat link email, link ini berisi alamat email yang ketika diklik, aplikasi untuk mengirim email akan otomatis terbuka dan tujuan email secara otomatis terisi dengan alamat yang telah ditentukan.

Untuk membuat link email, anda tinggal menambahkan mailto:alamat@email di dalam atribut href. <a href=‚mailto:mrxyz@yahu.com‛>Kirim Email</a>

Begitulah cara membuat link di html, agar setiap dokumen yang anda punya saling terhubung satu sama lainya anda bisa mencoba script di atas dengan membuat 3 file html, dalam satu folder dan di file utamanya atau di file lainya anda sisipkan <a href=”namafile.html”>buka file 1</a> , ubah namafile nya sesuai dengan file html anda dan jika anda ingin di klik membuka ke tab lain anda bisa menambahkan target=”_blank” di dalam tag <a href> contohnya <a href=”namafile.html” target=”_blank”>buka file 1</a>