Di tutorial kali ini kita akan membahas cara membuat list di html. List atau Sebuah daftar dapat memiliki penomoran atau hanya sebuah simbol berupa lingkaran atau bentuk lainnya. Dalam HTML, daftar yang menggunakan penomoran disebut dengan ordered list dan yang menggunakan simbol disebut dengan unordered list.

Ordered list atau Daftar berurutan dapat dibuat dengan menggunakan tag <ol> (singkatan dari ordered list) dan untuk setiap listnya kita gunakan tag <li> (singkatan dari list item/item daftar). Sebagai contoh, perhatikan kode HTML berikut :

Penomoran daftar akan dilakukan secara otomatis ketika anda menambahkan daftar item.

Berbeda dengan daftar berurut, unordered list akan menandai setiap item dengan simbol. Baik berupa lingkaran atau persegi (anda masih bisa merubahnya dengan CSS). Untuk membuat daftar tidak berurut kita gunakan tag <ul> dan seperti tag <ol>, item yang terdapat di dalamnya harus diapit dengan tag <li>.
Jika kita modifikasi contoh sebelumnya dengan merubah <ol> menjadi <ul> maka yang akan kita dapat adalah seperti berikut :

Secara default, item akan ditandai dengan lingkaran.

Begitulah membuat list di dalam html perlu di perhatikan bahwa membuat list di html tidak hanya angka dan simbol bulat saja tapi bisa juga dengan huruf anda hanya perlu menambahkan atribut┬átype=”A” di tag <ul> misalnya <ul┬átype=”A”> maka yang akan keluar adalah huruf perhatikan script di bawah ini :

Coba ketik dan jalankan lihat lah perbedaannya antara yang memakai atribut type=”A” dan yang tidak menggunakan, beda bukan, anda bisa menambahkan antribut lainnya sesuai dengan kebutuh anda dalam membuat nya, Salam code, sampai ketemu di tutorial selanjutanya.