Pada tutorial sebelumnya kita sudah membahasa Pengertian PHP, dan di tutorial kali ini kita akan membahas cara Install XAMPP, mengapa kita instal xampp ? PHP dapat dijalankan dengan menggunakan servernya yaitu Apache, untuk itu kita install xampp karena xampp telah menyediakan apache sekaligus Mysql yang akan kita gunakan di tutorial berikutnya.

Sebelumnya kita harus mengenal terlebih dahulu apa itu web server, Web Server adalah sebuah perangkat lunak server yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan web browser dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML.

Apache Web Server – The HTTP Web Server :

  1. Apache
  2. Microsoft windows Server 2012 Internet Information Services (IIS 10.0)
  3. Lighttpd
  4. Sun Java System Web Server
  5. Xitami Web Server
  6. Zeus Web Server

Server HTTP Apache atau Server Web/WWW Apache adalah server web yang dapat dijalankan di banyak sistem operasi (Unix, BSD, Linux, Microsoft Windows dan Novell Netware serta platform lainnya) yang berguna untuk melayani dan memfungsikan situs web. Protokol yang digunakan untuk melayani fasilitas web/www ini mengunakan HTTP.
Versi Terbaru : mayor 2.4.18

Beberapa dukungan Apache :

  1. Kontrol Akses. Kontrol ini dapat dijalankan berdasarkan nama host atau nomor IP
  2. CGI (Common Gateway Interface)
  3. PHP (Personal Home Page/PHP Hypertext Processor); Program dengan metode semacam CGI, yang memproses teks dan bekerja di server. Apache mendukung PHP dengan menempatkannya sebagai salah satu modulnya (mod_php). Hal ini membuat kinerja PHP menjadi lebih baik

Apa Itu XAMPP?

XAMPP merupakan perangkat lunak untuk mendirikan server sendiri (localhost). XAMPP didistribusikan secara opensource / perangkat lunak sumber terbuka didalamnya sudah ada paket program seperti Apache, MySQL, PHP, phpMyAdmin, FileZilla FTP Server, Perl. Saat ini XAMPP terbaru adalah versi XAMPP 7.0.3

XAMPP dapat dijalankan pada Mac dan Linux. Dalam tutorial ini kami akan membahas tentang Windows.

Install Xampp di Linux

  1. Download Xampp terbaru di sini
  2. Buka terminal (alt + t)
  3. Berikan akses eksekusi dengan perintah sudo chmod +x namafile.runperlu di ingat kita harus ke direktori tempat kita menyimpan xampp terlebih dahulu, seperti gambar di atas saya menyimpannya di desktop
  4. Ekseskusi file dengan cara sudo ./namafile.run dan akan tampil proses instalasi
  5. Ikutin tahap tahap instalasi dan tunggu sampai proses instalasi selesaijika instalasi selesai, untuk directori projectnya juga sedikit berbeda, jika di windows direktorinya terletak di C:xampp/htdocs maka di linux terdapat pada direktori /opt/lampp/htdocs. untuk dapat mengakses project anda juga harus memberikan perintah chmod 777 pada folder project anda.

Install XAMPP di Window

  1. Download Xampp terbaru di sini
  2. Buka file Xampp yang telah kita unduh tadi dengan klik dua kali
  3. Klik Next
  4. Pada tampilan selanjutnya akan muncul pilihan-pilihan komponen mana dari XAMPP yang ingin dan tidak ingin Anda instal. Beberapa pilihan seperti Apache dan PHP adalah bagian yang penting untuk menjalankan situs web dan akan secara otomatis diinstal. Silakan periksa MySQL dan phpMyAdmin, untuk pilihan lain biarkan saja.
  5. Silakan pilih folder tujuan dimana XAMPP ingin Anda instal, pada tutorial ini pada direktori C: \ xampp .
  6. Setelah itu Klik next
  7. dan klik next lagi
  8. Tunggu higga proses install selesai