Di tutorial sebelumnya kita membahas tentang menggunakan IF dan ELSE, di tutorial kali ini kita akan membahas tentang mengguakan Switch, Switch sebetulnya sama saja dengan argument if, elseif dan else, cuman sedikit berbeda dalam penggunaan syntaxnya. Jika dalam penggunaak if, elseif dan else itu menggunakan {} namun dalam switch untuk memberhentikan keputusan di gunakan fungsi break; bentuk aslinya adalah seperti ini :

Disini terlihat ketika kondisinya sesuai di wakili dengan code “case kriterial:” dengan titik dua “:” di belakang setiap kriterianya maka di tulislah pernyataan di awahnya itu.

Contoh kasusnya seperti ini :

Sekarang kita bandingkan dengan project sebelumnya sudah tau kan perbedaannya, pengunaan switch tidak bisa sepeti if , elseif dan else di tutorial sebelumnya kita bisa menggunakan lebih dari, kurang dari, tidak sama dengan, tapi dalam penggunaan switch sama dengan kita menggunakan == di if dan elseif

switch itu hanya digunakan pada satu jenis variable saja namun memiliki nilai yang berbeda. tetapi dalam if, else if, dan else dapat digunakan pada variable yang berbedabeda dan nilai yang berbeda. switch ataupun if, else if, dan else tentunya dapat anda gunakan sesuai dengan kebutuhan anda nantinya.

Begitulah tutorial tentang bagaimana menggunakan switch di php di tutorial selanjutnya kita akan bertemu dengan pembahasan mengunakan perulangan for, while dan do while di PHP, sampai bertemu di tutorial selanjutnya. semoga artikel dapat berguna. salam coder