Hal Lain yang Dapat Dilakukan selain Programming

Kalau programmer sudah pasti dong bisa programming dan kadang yang asalnya pekerjaan pun malah jadi hobi. Karena sudah terasimilasi jadi hobi inilah, biasanya programmer merasa nyaman dengan pekerjaannya. Kemampuannya akan selalu terasah ketika menapaki karir seperti mengerjakan proyek atau bekerja di sebuah perusahaan. Kadangkala programmer yang sudah hobi banget, sehabis pulang kerja atau kuliah pasti ngulik lagi di rumah atau kostannya. Memang bagi kita yang terbiasa programming, merupakan hal yang mempunyai tantangan dan keseruan tersendiri ketika ngulik terhadap suatu bahasa pemrograman, framework, atau library. Tapi bagi orang yang belum tahu programming, semuanya tampak sama saja karena kita selalu duduk di depan komputer dan jari jemari kita selalu menghasilkan bunyi ketak ketik.

Di sela – sela kesibukan programming Anda, pasti ingin diisi oleh hal – hal yang menarik dan bermanfaat. Selain programming berikut ini adalah hal menarik yang dapat Anda lakukan sebagai seorang programmer penuh talenta:

Mengadakan Pelatihan

Pengalaman Anda mungkin akan sangat bermanfaat jika dibagikan kepada orang lain. Anda dapat membaginya kepada teman, saudara, atau mungkin seseorang di sebuah komunitas yang Anda ikuti. Anda dapat memberikan pelatihan seputar programming kepada teman sehobi programming Anda. Bukan hanya menjadi pelatih dengan banyak peserta. Dengan melatih satu orang pun, Anda dapat mengadakan pelatihan.

Menulis Tutorial

Biasanya ketika mengadakan pelatihan, tutorial pun akan dibuat oleh Anda sebagai alat bantu untuk pelatihan. Tapi di luar pelatihan Anda dapat membuat slidemodul, atau mini e-book seputar topik programming yang sudah Anda kuasai untuk dibagikan kepada teman – teman programmer lain yang membutuhkan tutorial dalam bahasa Indonesia. Dengan menulis tutorial, Anda sudah membantu teman – teman yang belum menguasai suatu topik menjadi lebih mudah. Kalau Anda dapat menulis tutorial dalam bahasa Inggris, itupun jadi nilai tambah yang sangat penting. Anda dapat menjangkau teman – teman programmer dari berbagai negara.

Blogging

Blogging merupakan kegiatan alternatif yang dapat membantu kita untuk mencatat perjalanan karir. Selain untuk memfasilitasi membuat tutorial, Anda juga dapat menceritakan pengalaman terhadap sebuah tools, membuat ulasan tentang sebuah tools, atau mengabarkan hal baru dari tools terkait. Anda dapat membantu teman – teman programmer yang lain untuk lebih semangat atau menambah pengetahuannya terhadap tools yang menjadi hobi Anda.

Gabung dengan Komunitas

Mungkin Anda sangat tertarik dengan suatu bahasa pemrograman, library, ataupun framework. Mengapa tidak coba bergabung dengan komunitas. Sudah banyak komunitas yang menjadikan suatu bahasa pemrograman, library, atau framework menjadi bahasan utama komunitas tersebut. Selain teman kantor atau kuliah, Anda dapat bertemu teman baru dari berbagai latar belakang dan instansi yang sudah memiliki pengalaman unik dengan tools yang Anda gunakan saat ini. Anda pun dapat memperbaharui informasi terbaru seputar toolstersebut dengan rekan satu komunitas Anda. Anda dapat bergabung secara live, di forum, atau di grup Facebook.

Olah Raga

Olah Raga, bisa jadi Anda yang suka programming suka bermain olahraga tertentu. Biasanya ada yang suka jogging, bulu tangkis, futsal, renang, basket, atau panjat tebing. Memang hobi yang satu ini akan menyenangkan jika dilakukan secara rutin. Anda pun akan lebih bugar dan siap menghadapi berbagai task yang diberikan oleh kantor atau tugas kuliah.

Piknik

Yaap, sekali – kali pergilah piknik untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran Anda. Anda dapat pergi bersama keluarga, teman kantor, teman kuliah, atau teman komunitas Anda. Anda dapat piknik ke beberapa tempat di tulisan berikut ini: Rehat Dulu Proyeknya, Coba Main ke Sini!.

Hobi yang Terpendam

Sepertinya bakat seseorang tidak hanya di programming saja, Anda pasti memiliki salah satu kemampuan seperti berternak burung, bernyanyi, bermain gitar, membuat gambar, menulis artikel, menjadi pelatih, mendaki gunung, dan hobi non programming lainnya. Sebagai contoh, jika Anda hobi bernyanyi pasti sudah mengambil suara merdu Anda dan mengunggahnya ke website seperti Soundcloud atau Reverbnation. Atau jika Anda hobi berternak burung pasti sudah menjual burung yang sudah Anda rawat dengan sangat baik kepada rekan Anda.

(rfs)