Categories
Artikel

Jack Ma Pensiun dari Alibaba Group

Siapa yang tak kenal Jack Ma Orang merupakan seorang pebisnis berkebangsaan Tionghoa. Dia merupakan pendiri sekaligus Chairman Eksekutif dari Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok. Dia merupakan warga China Daratan pertama yang pernah muncul di majalah Forbes dan terdaftar sebagai biliuner dunia.

Pada hari ini Jack Ma mengumumkan untuk pensiun, Ma akan digantikan oleh Daniel Zhang Sebagai Ketua tahun depan. Ma pensiun dari perusahaan yang ia dirikan  pada tahun 1999 , Ma berencanan untuk mendedikasikan waktunya untuk filantrops dalam pendidikan.

Jack Ma akan terus melayani sebagai anggota dewa sampai rapat umum pemegang saham pada tahun 2020, setelah itu Ma akan tetap menjadi mitra seumur hidup dari Kemitraan Alibaba, Kepergian dari Alibabab Group sangat bertahap ” Saya telah menaruh banya pemikiran  dan persiapan dalam rencana suksesi selama 10 tahun.” tulisnya.

“Alibabab bukan hanya tentang Jack Ma teteapi Jack Ma selamanya akan menjadi milik alibaba”

Alibaba menjadi pionir bisnis e-commerce di China dan sangat memiliki pengaruh cukup besar. Bagaimana ia mendominasi e-commerce dan pembayaran digital, serta mengubah gaya belanja masyarakat di China, menunjukkan peran Jack Ma dan Alibaba yang dipimpinnya sangat fundamental.

Di antara sejawat di generasinya, Jack Ma menjadi yang pertama pensiun dari industri digital. Ma memang pernah mengungkapkan keinginan untuk mengikuti jejak bapak Microsoft, Bill Gates yang mendirikan yayasan atas namanya.

Categories
Artikel

Kumpulan Buku Pemograman Web Development dan Web Design

Hallo coder, kali ini warungcode akan membagikan beberapa buku untuk menunjang kalian dalam belajar pemograman web development dan web design. mulai dari html, css, Bootstrap, JavaScript, JQuery, AngularJS, AJAX, sampai PHP Mysql.

  1. HTML & CSS
    Download
  2. Bootstrap
    Download
  3. JavaScript
    Download
  4. JQuery
    Ebook 1
    Ebook 2
  5. AngularJS
    Download
  6. AJAX
    Ebook 1
    Ebook 2
  7. PHP MySQL
    Ebook 1
    Ebook 2

Jangan lupa share, dan klik 1 iklan untuk donasi web kami.

Categories
Artikel

Google mengaku kehilangan, setelah Microsoft membeli GitHub

Eksekutif Google telah berbicara pada acara maalah fortune, Diane Greene Google’s head of cloud, membuat sebuah pengakuan “Saya tidak keberatan membeli mereka tapi tidak apa apa” Kata Greene.

Sebelumnya google juga mencoba untuk mendapatkan Github, di samping tawaran yang di berikan Microsoft, Namun Pendiri Github Chris Wanstrath lebih memilih Microsoft karena hubungannya denga CEO Satya Nadella. Github adalah Repositori code yang sudah sangat populer dikalangan developer, banyak perusahaan seperti Apple, Amazon , Facebook, google dan perusahan teknologi lainya yang menggunakan Github. Ada 85 juta Repositori Host di Github, dan Pengembang 28juta memberikan kontribusi terhadap Github

GOOGLE STILL ISN’T SAYING WHETHER IT WILL CONTINUE TO USE GITHUB

Sebelumnya google telah memberikan komentar terhadap penggunaan github, “kita tidak mengomentari akuisisi berkelanjutan di seluruh industri teknologi”, di lain pihak facebook telah berkomitmen untuk Github ” Github masih menjadi tempat yang bagus untuk berbagai proyek-proyek kami dan bekerja sama dengan komunitas open source, kita akan terus menggunakannya”

Greene juga mengomentari tentang Microsoft membeli Github. “Saya benar benar berharap Microsoft dapat membuat mereka benar benar Netral”. Kata Greene. Sebagian besar pengembang sedang menunggu untuk melihat apa yang akan terjadi setelah Microsoft Mengakuisisi.

Categories
Artikel

Ini Alasan Bitcoin.co.id Ubah Nama Jadi INDODAX

Ikhtisar
  • Bitcoin.co.id mengganti namanya menjadi INDODAX, singkatan dari Indonesia Digital Asset Exchange.
  • Perubahan nama ini akan dilakukan secara bertahap, mulai dari perubahan logo hingga domain situs web.
  • Dengan nama baru ini, INDODAX berharap dapat diterima oleh kalangan luas dan tidak terpaku salah satu jenis cryptocurency yang cukup beredar luas di luar sana.
  • Penggunaan nama baru ini bisa mempertegas fungsi layanan mereka sebagai marketplace cryptocurrency, bukan lagi sebagai bagian dari sistem layanan pembayaran bitcoin, ICO, atau representasi bitcoin di Indonesia.

Startup penyedia layanan marketplace cryptocurency Indonesia, Bitcoin.co.id, pada tanggal 14 Maret 2018 mengumumkan perubahan nama layanannya, dari Bitcoin.co.id menjadi INDODAX—singkatan dari Indonesia Digital Asset Exchange.

Perubahan nama ini ke depannya akan berlangsung dalam beberapa tahap:

  1. Pada tanggal 14 Maret 2018 logo Bitcoin.co.id akan berubah menjadi kombinasi antara logo Indodax dan Bitcoin.co.id
  2. 14 hingga 25 Maret 2018 alamat situs web tetap diakses melalui alamat bitcoin.co.id
  3. Pada tanggal 26 Maret 2018 alamat situs web akan berubah menjadi Indodax.com.
  4. Setelah pergantian alamat domain selesai, alamat Bitcoin.co.id tetap bisa dibuka dan akan dialihkan ke Indodax.com

Pengenalan nama tersebut tidak hanya menyasar pada domain layanan  marketplace mereka, tetapi juga akun media sosial yang selama ini digunakan bitcoin.co.id.

Positioning baru demi cakupan pasar yang lebih luas

Dengan wajah baru ini, INDODAX ingin agar diterima oleh kalangan luas dan tidak terpaku pada salah satu jenis cryptocurency yang cukup beredar luas di luar sana.

Dalam acara peresmian nama barunya, CEO Bitcoin.co.id (INDODAX) Oscar Darmawan menjelaskan bahwa transformasi nama ini merupakan bagian dari fokus bisnis mereka untuk merangkul perkembangan public blockchain yang terus berkembang luas.

Kami ingin memfokuskan bisnis kami untuk membantu pertemukan konsumen dengan berbagai token public blockchain lainnya sekaligus mengurangi kesalahpahaman yang berkembang di masyarakat

Oscar Darmawan, CEO INDODAX

Oscar menjelaskan bahwa penggunaan nama baru ini bisa mempertegas fungsi layanan mereka sebagai marketplace cryptocurrency, bukan lagi sebagai bagian dari sistem layanan pembayaran bitcoin, ICO, atau representasi bitcoin di Indonesia.

Oscar tidak menampik bahwa pihaknya ingin lepas dari nama Bitcoin agar peluang menjadi marketplace aset digital terkemuka di Indonesia bisa semakin besar, apalagi dengan berkembangnya minat terhadap aset lain seperti Ethereum, Ripple, dan sebagainya.

Kami percaya bahwa aset teknologi digital dapat memberikan dampak positif yang besar terhadap ekonomi.

Oscar Darmawan, CEO INDODAX

Oscar sendiri juga menampik anggapan perubahan nama ini disebabkan oleh penurunan nilai tukar Bitcoin yang terjadi selama beberapa waktu terakhir. Meskipun pihaknya tidak lagi menggunakan Bitcoin sebagai nama layanan mereka, namun jenis cryptocurrency satu ini masih menjadi salah satu yang populer ditukarkan di platformnya sehingga ia tetap optimistis dengan perkembangan nilai Bitcoin di masa mendatang.

“Di samping Bitcoin, kami melihat Etherium juga mengalami peningkatan yang signifikan, karena pengaplikasiannya dalam industri jauh lebih luas sehingga lonjakan permintaannya juga cukup tinggi,” jelas Oscar.

Ambisi menjadi pusat pertukaran cryptocurrency di Indonesia

Paska pergantian nama menjadi INDODAX, Oscar menyebut bahwa marketplace Bitcoin.co.id telah memproses volume transaksi mencapai lebih dari Rp100 miliar setiap harinya. Rata-rata pertumbuhan anggota barunya pun mencapai angka 3.000 per hari, dengan total lebih dari 1,1 juta anggota terdaftar yang mayoritas merupakan warga Indonesia.

Dengan nama baru yang dimilikinya, INDODAX ke depannya akan konsisten dalam ranah layanan pertukaran cryptocurrency dengan menambah variasi jenis aset token digital yang terdapat di platform mereka. Untuk itu, Oscar menargetkan akan rutin memperkenalkan paling tidak satu digital aset setiap bulannya demi meraih target total anggota terdaftar sebesar 1,5 juta orang.

Kita harus tahu bahwa di luar sana, total digital aset yang beredar itu jumlahnya mencapai lebih dari 1500 jenis. Di Indonesia sendiri yang cukup dikenal jumlahnya relatif masih hanya sedikit, oleh karena itu kita ingin mengejar target agar semakin banyak pilihan yang bisa ditemukan di platform kami

Oscar Darmawan, CEO INDODAX

Sejak didirikan pada Februari 2014, INDODAX telah menjadi salah satu layanan marketplace jual beli cryptocurrency tertua di Indonesia. Selain mereka, sebelumnya ada pula beberapa nama layanan seperti Artabit dan Bitdoku yang sayangnya saat ini sudah tidak aktif lagi.

Sebelumnya, INDODAX juga telah meluncurkan BitBayar yang merupakan sistem pembayaran online bagi perusahaan dan pemilik toko online di Indonesia. Namun mengingat regulasi produk keuangan dan larangan yang berkembang di Indonesia, layanan ini pun akhirnya ditutup pada November 2017 silam.

Sumber : Techinasia

Categories
Artikel

5 Layanan Pembuat Aplikasi Mobile tanpa Coding

Bermodalkan dana cukup, saat ini siapa pun bisa mengembangkan aplikasi mobile dengan memanfaatkan jasa outsource yang berjumlah banyak. Cara ini umumnya dilakukan perusahaan besar yang ingin melebarkan produk ke ranah digital, namun tidak menutup kemungkinan dilakukan juga oleh penggiat startup teknologi yang ingin segera memiliki produk.

Bila kamu tidak memiliki dana memadai, penggunaan beberapa layanan App Builder berikut bisa membantumu membuat aplikasi mobile. Kamu bahkan tidak perlu memahami bahasa pemrograman alias coding.

Setidaknya dengan memanfaatkan kesekian layanan ini, kamu dapat mengembangkan sebuah minimum viable product yang layak untuk mulai “dijual” ke pasar. Semoga bermanfaat.


Appy Pie

Appy Pie merupakan tool yang memungkinkan kamu mengembangkan aplikasi mobile tanpa memerlukan keterampilan bahasa pemrograman yang rumit. Cukup melakukan drag and drop di atas template yang telah disediakan, kamu bisa membuat beragam jenis aplikasi mobile, mulai dari gamemarketplace, hingga layanan on-demand.

Meski bisa digunakan secara gratis, Appy Pie baru benar-benar berguna bila kamu memutuskan untuk menjadi pelanggan mereka dengan biaya abonemen yang bervariasi. Layanan ini menawarkan fitur premium seperti penggunaan notifikasi push untuk membantu promosi aplikasi buatanmu, atau memanfaatkan fitur geotagging.

Situs Resmi: Appy Pie, mulai dari US$15 (sekitar Rp207.000) per bulan


Bobile

Bobile menawarkan kemudahan bagi para pelaku bisnis yang ingin membuat aplikasi secara mudah dan personal. Sedikit mirip dengan Appy Pie, pengguna dapat membangun aplikasi mereka cukup hanya melakukan drag and drop di atas template yang telah disediakan.

Ada beberapa template umum yang bisa kamu temukan di layanan ini, mulai dari aplikasi pemesanan jasa, e-commerce pribadi, aplikasi menu restoran, dan sebagainya. Kamu bisa mendapatkan berbagai fitur tambahan, seperti fungsi Live Chat, Push Messages, dan Loyalty Program, dengan berlangganan paket bisnisnya.

Situs Resmi: Bobile, mulai dari US$10 (sekitar Rp138.000) per bulan


AppsMoment

AppsMoment bisa diperumpamakan sebagai blognya aplikasi mobile. Kamu dapat membuat beragam jenis aplikasi Android dengan memilih berbagai macam template yang disesuaikan dengan kategori masing-masing fungsinya.

Di sini kamu bisa menciptakan dengan melihat contoh yang sudah ada, kemudian mengubah labelnya agar sesuai merek produkmu, bahkan memublikasikannya lewat AppsMoment. Yang menarik, mereka juga menyediakan jalur bagi pihak reseller jasa pembuatan aplikasi mobile dengan tambahan fungsi tambahan lainnya yang cukup beragam.

Situs Resmi: AppsMoment, mulai dari US$49 (sekitar Rp675.000) per tahun


Andromo

Andromo | Screenshot

Apabila layanan lainnya mengusung konsep drag and drop dalam proses pembuatan aplikasinya, Andromo justru memintamu untuk mengisi sejumlah detail yang kamu mau ke dalam formulir khusus yang telah disediakan.

Cara tadi berdampak pada desain akhir yang kamu peroleh di Andromo. Meski template yang dihadirkan terlihat begitu generik, namun setidaknya aplikasi buatanmu selesai.

Berikutnya kamu bisa memilih beberapa pilihan layanan berlangganan dari Andromo untuk memperbagus aplikasi yang kamu buat. Penambahan fitur yang bisa kamu dapatkan mulai dari menghilangkan iklan dan watermark, menambahkan fitur monetisasi, dan sebagainya.

Situs Resmi: Andromo, mulai dari US$8 (sekitar Rp110.000) per bulan


Bubble

Bubble App | Screenshot

Dari sekian nama lainnya yang terdapat dalam daftar ini, Bubble bisa dibilang merupakan layanan pembuatan aplikasi tanpa coding yang cukup rumit. Layanan ini sepenuhnya mengandalkan Visual Framework sehingga memerlukan pendalaman tersendiri untuk bisa dikuasai.

Jika kamu telah melalui proses belajar ini dengan baik, proses pembuatan aplikasi yang ditawarkan Bubble sebenarnya jauh lebih dinamis dibandingkan memakai template. Kamu bisa lebih bebas berkreasi menggunakan elemen yang disediakan.

Bila berlangganan paket yang tersedia, Bubble memungkinkan kamu (dan anggota tim yang menjadi kolaborator) untuk memodifikasi aplikasi sedemikian rupa agar jadi lebih baik lagi. Dengan konsep “pay as you scale” yang mereka tawarkan, Bubble tampaknya cocok bagi kamu yang ingin memulai startup dengan ide yang potensial untuk terus dikembangkan.

Situs Resmi: Bubble, mulai dari US$14 (sekitar Rp193.000) per bulan

Sumber : techinasia

Categories
Artikel

Apa itu website ?

Apa itu web atau website?

Sering kita dengar web atau website tapi kita tidak tahu apa arti dari sebuah website? Website atau situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).

Bersifat statis apabila isi informasi website tetap, jarang berubah, dan isi informasinya searah hanya dari pemilik website. Bersifat dinamis apabila isi informasi website selalu berubah-ubah, dan isi informasinya interaktif dua arah berasal dari pemilik serta pengguna website. Contoh website statis adalah berisi profil perusahaan, sedangkan website dinamis adalah seperti facebook, Twitter, dll. Dalam sisi pengembangannya, website statis hanya bisa diupdate oleh pemiliknya saja, sedangkan website dinamis bisa diupdate oleh pengguna maupun pemilik.

Penggunaan website juga sangat beragam, kamu bisa menggunakan website untuk berbagai kepentingan seperti untuk usaha bisnis online, untuk website personal hingga kebutuhan lainnya.

Website untuk bisnis dimanfaatkan untuk meningkatkan omset pengguna, sehingga dapat meningkatkan hasil penjualan dengan baik. Selain itu, website pada pribadi digunakan untuk portfolio ataupun kegiatan lain, selain itu bisa digunakan juga untuk kegiatan blogging dalam menyebarkan informasi.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu mempermudah pekerjaan anda, Terima kasih.

Categories
Artikel Codeigniter

Keunggulan Dan Kekurangan Menggunakan Codeigniter

Codeigniter adalah sebuah framework berbasis PHP yang kuat dengan footprint yang sangat kecil, dibangun untuk pengembang yang membutuhkan toolkit sederhana dan elegan untuk membutuhkan toolkit sederhana dan elegan untuk membuat aplikasi web dengan fitur lengkap. banyak kelebihan dan kekurangan dari codeigniter ini lah kelebihan dari codeigniter :

Kelebihan Codeigniter :

  • Berukuran sangat Kecil. File downloadnya hanya sekitar 2MB, itu juga sudah termasuk dokumentasinya yang sangat lengkap.
  • Dokumentasi yang sangat lengkap.
  • Codeigniter mampu berjalan dengan baik pada hampir semua platfom hosting. Codeigniter juga mendukung database-database paling umum. termasuk MySQL.
  • Kinerja yang cepat. Codeigniter sangat cepat bahkan mungkin bisa dibilang merupakan framework yang paling cepat yang ada saat ini.
  • Sangat mudah di integrasikan. Codeigniter sangat mengerti tentang pengembanagan berabagai library saat ini.
  • Sedikit Konfigurasi. Konfigurasi Codeigniter terletak di folder application/config.
  • Mudah di pelajari. Selain dokumentasi yang sangat lengkap, ia juga memiliki berbagai forum diskusi.

 

Kekurangan Codeigniter :

  • Codeigniter tidak cocok digunakan pada project website skala besar. Karena pengembagan aplikasi dengan framework ini sangatlah terbatas pada fitur fitur dasar aplikasi web.
  • Library/plugin yang sangat terbatas. Hal ini di karenakan sangat sulit mencari plugin tambahan yang terverikasi secara resmi.
  • Belum adanya editor khusus codeigniter. Sehingga dalam melakukan create project dan modul modulnya harus berpindah pindah folder.
  • Masih Banyak Kelonggaran dalam Hal Coding. Misalnya bebas dalam menambah file.

 

Jadi itu kekurangan dan kelebihan codeigniter pasti disetiap framework selalu ada kekurangan bagaimana kita mencocokan dengan project apa yang akan kita buat. jangan lupa share and like yah.

Categories
Artikel PHP

Keunggulan PHP 7

Hello hello, kabar kembira untuk Anda pecinta bahasa php, yang sering menggunakan php, atau suka melakukan php? Sudah keluar loh versi 7-nya, woww?

Ya memang PHP terus berkembang dengan berjalannya waktu, dan pada tahun 2015 lalu PHP telah meluncurkan versi terbarunya yakni PHP 7 (masih beta ketika baru dirilis) namun sekarang PHP 7 telah mencapai versi terbarunya yakni versi 7.0.2.

Seperti apa fitur terbarunya ? berikut akan kita bahas bersama …

Null Coalescing Operator / Operator Penggabungan Null

Fitur ini ditambahkan sebagai penyempurna masalah yang perlu menggunakan terner yang berhubungan dengan isset(). Fitur ini akan mengembalikan nilai operan pertama jika ada dan tidak kosong (null), jika tidak maka akan mengembalikan nlai operan kedua.

Spaceship Operator

Fitur baru di PHP7 ini juga disebut three way comparison operator yaitu sebuah operator perbandingan yang memiliki 3 kemungkinan nilai balik : 0 jika yang dibandingkan setara, nilai balik : -1 jika nilai yang sebelah kiri lebih kecil dan 1 jika nilai sebelah kiri lebih besar

Return Type Declarations

Fitur baru ini merupakan penambahan dukungan untuk Return Type Declaration, fitur ini memungkinkan seorang programmer untuk mendeklarasikan sebuah tipe data dari nilai yang dikembalikan oleh fungsi tersebut

Constact Array Using define()

Kalau di dalam PHP 5.6 anda hanya bisa mendefinisikan Constant Array dengan menggunakan const, di PHP7 anda bisa mendefinisikannya dengan menggunakan define().

Scalar Type Declarations

Scalar Type Declarations dimunculkan dengan dua tipe, yakni coercive (default) dan strict. Berikut adalah jenis jenis parameter yang dapat digunakan baik itu dalam bentuk coercive maupun strict yakni strings, integers, floating-point number dan Booleans.

Anonymous Classes

PHP7 kini telah mendukung anonymous classes, fitur ini dapat digunakan untuk mengimplementasikan interface tanpa harus meload class yang sama.
Beberapa contoh kode diatas diambil dari situs resmi php.net. Demikian mungkin yang dapat saya sampaikan mengenai fitur baru PHP7 , anda bisa melihatnya lebih lengkap disitus resminya php.net.
Categories
Artikel

7 FRAMEWORK MOBILE APPS LEBIH MUDAH DENGAN HTML CSS JAVASCRIPT

Bagi sebagian besar developer yang terbiasa menggunakan HTML CSS dan Javascript membuat mobile apps versi nativenya (Java language) tentunya sangatlah tidak familiar. Dan jelas bukan ranahnya menggunakan java dalam membuat aplikasi android, lalu objective-c untuk iOS, dan .net untuk membuat aplikasi windows phone.

Meski sangat ingin untuk ahli dalam menggunakan 3 bahasa tersebut namun mempelajari bahasa-bahasa tersebut perlu waktu yang tidak bisa sebentar.

Tapi ini adalah masalah klasik, duluuu sekali, kini siapapun yang memiliki pengetahuan HTML,CSS, dan Java Script dapat dengan mudah membuat mobile apps.

Jelas-jelas web developer diuntungkan, dan dimudahkan berkat adanya packager/compiler semacam Phonegap atau Cordova.

Dengan Phonegap dan Cordova Anda bisa membuat aplikasi mobile menggunakan HTML,CSS,Javascript dan mendeploynya untuk bisa digunakan di Android, iOs, bahkan di Windows Phone, menggunakan kode yang sama. Tanpa harus koding ulang untuk berbagai platform tersebut. Koding sekali, bisa digunakan untuk membuat aplikasi Android, iOS, dan Windows Phone. Bagaimana? Mengasyikan bukan?

Ada beberapa framework populer yang menjadikan proses pembuatan mobile apps menggunakan HTML,CSS, JavaScript tidak hanya mungkin dibuat, namun jadi lebih cepat dan mudah.

Pada artikel kali ini kami akan menjabarkan 7 framework populer yang Anda bisa gunakan. Ketimbang mempelajari metode native dalam membuat aplikasi mobile yang mana akan memakan waktu lebih lama lagi. Apa saja itu?

1. jQuery Mobile

JQueryMobile merupakan salah satu framework yang sangat lengkap dalam menyokong pembuatan cross platform mobile apps, mendukung ios,android,dan windows phone. JQuery tidak hanya bisa digunakan pada desktop, namun juga bisa digunakan smartphone, tablet, bahkan e-reader seperti nook atau kindle.

Hasil gambar untuk jQuery Mobile

Sama dengan JQuery UI, JQuery mobile pun betul-betul menyediakan UI dengan sangat lengkap dalam pembuatan mobile apps menggunakan JQuery Mobile. Anda yang ingin mencobanya bisa langsung ke http://jquerymobile.com/

2. Ratchet

Awalnya Ratched digunakan oleh Twitter dalam melakukan pembuatan twitter versi mobile, kemudian merilisnya menjadi project open source, dan kini Anda bisa menggunakannya dengan bebas. Ratchet memiliki koleksi user interface yang lumayan lengkap, dan juga menyediakan plugin javascript sebagai pendukung pembuatan aplikasi mobile buatan Anda nantinya.

Hasil gambar untuk ratchet framework

Kini Ratchet tersedia dalam dua jenis theme untuk iOS atau Android. Untuk mencobanya silahkan kunjungi http://goratchet.com/

3. Ionic

Hasil gambar untuk Ionic

Jika Anda konsen kepada performa aplikasi mobile maka Ionic adalah framework yang tepat untuk Anda gunakan. Ionic merupakan HTML5 Mobile Framework yang fokus kepada performa aplikasi, memanfaatkan akselerasi dari hardwarenya, ionic tidak memerlukan javascript third-party, karena sudah sangat lengkap, termasuk fitur untuk membuat User Interface dengan HTML pun sudah tersedia secara lengkap. Dan keunggulan lainnya Ionic sangat mantap sekali jika dipadukan dengan AngularJS. Ingin mencobanya ? Langsung saja kunjungi http://ionicframework.com/

4. jQT

jQT merupakan salah satu plugin zepto, dirancang untuk browser yang telah mendukung teknologi webkit. jQT sangat mudah sekali di kostumisasi, dan dikembangkan. jQT menyediakan themes yang tentunya bisa dengan mudah di modifikasi dengan Sass/compass, didalamnya tersedia Animasi perpindahan Halaman berupa Transisi 3D yang keren, dibuat oleh CSS3.

Hasil gambar untuk jQT framework

Ingin mencobanya langsung silahkan kunjungi http://jqtjs.com/

5. Junior

Junior pun merupakan salah satu plugin yang dibuat untuk memudahkan pembuatan mobile apps, sama seperti pendahulunya, jQT. Namun bedanya Junior membutuhkan banyak library tambahan yang harus ditambahkan agar fitur-fitur Junior bekerja dengan baik, seperti Backbone.js, Flickable.js dan lain sebagainya.

Hasil gambar untuk Junior framework

Paling tidak Junior bisa jadi salah satu alternatif yang bisa Anda coba. Ingin mencobanya? Kunjungi http://justspamjustin.github.io/junior/#home

6. Jo

Jo mendukung berbagai macam jenis platform mobile, termasuk didalamnya Tizen dan Chrome OS. Jo menyediakan template awal yang mana dibuat menggunakan CSS3, sehingga jelas-jelas hal ini memudahkan web developer dalam membuat / memodifikasi style aplikasinya.

Hasil gambar untuk jo framework

Jo sebagaimana framework yang lain, menggunakan Phonegap atau Cordova untuk proses deploy hingga bisa digunakan sebagai aplikasi android,iOS ataupun windows phone. Lebih detilnya silahkan kunjungi http://joapp.com/ 

7. Famo.us

Pemain baru dalam mobile framework, Famo.us menjanjikan performa yang lebih baik ketimbang para pendahulunya, tentunya masih menggunakan HTML5,CSS dan JavaScript dalam proses pembuatan mobile appsnya. Famo.us framework memiliki javascript yang sangat ringan sekali hanya 64kb, dibandingkan dengan para pendahulunya.

Hasil gambar untuk Famo.us 

Famo.us pun menyediakan cloud-based service yang memudahkan Anda dalam mendeploy aplikasi mobile Anda dan mempublishnya ke AppStore. Anda bisa mencobanya langsung di sini https://famous.org/framework/ 

Categories
Artikel

Ini Dia Keuntungan Menggunakan Framework

Jika Toni adalah seorang mahasiswa lulusan D3 manajemen informatika, toni mendapatkan sebuah proyek. Toni dipercaya untuk membuat sebuah Toko Online untuk sebuah toko kecantikan. Nah toni mengerjakan semuanya dari awal, mulai dari membuat file index.php, merancang database, membuat interface, membuat koneksi, membuat pengaturan tanggal, membuat dua bahasa, dan lain sebagainya. Toni bisa menyelesaikannya dalam waktu 6 bulan misalnya.
Sebulan kemudian toni mendapat proyek lagi membuat aplikasi, toni tinggal mengambil kode yang telah dibuat sebelumya dan disesuaikan dengan proyek yang baru, toni bisa menyelesaikannya dalam waktu 3 bulan, kenapa? Karena toni telah memiliki source code yang telah dibuat sebelumnya. Nah begitulah framework bekerja. Lalu muncul pertanyaan, “Loh bukannya meskipun tidak menggunakan framework hal tersebut bisa dilakukan?”, Ya bisa saja, namun kehebatan  framework adalah tidak hanya toni yang bisa mengembangkan dan memanfaatkan kembali engine aplikasi buatannya, namun juga bisa ujang, jupri, dikdik, maupun yang lainnya, dengan kata lain programmer pengembang selain toni tidak perlu mempelajari dari awal, alias bisa start langsung melakukan pengembangan. Dan bisa juga dilakukan pengembangan dengan kerja tim, biasanya hal ini di padu dengan kehebatan GIT. Apa itu git? nanti deh kita bahas lagi… Oke ya?
Framework merupakan sebuah package yang menyediakan fungsi-fugsi yang biasanya digunakan dalam pembuatan sebuah aplikasi. Biasanya banyak sekali fungsi yang disediakan oleh sebuah framework, mulai dari fungsi koneksi ke database, email, session, upload file, validasi form, penanggalan, tabel, bahasa, pagination dan lain sebagainya telah disediakan oleh sebuah framework jadi tugas kita hanyalah memanggil fungsi-fungsi yang telah disediakan oleh framework tersebut kedalam aplikasi yang akan kita buat sehingga programmer tidak lagi membuat semuanya dari awal. Menyenangkan bukan ?

Keuntungan Menggunakan Framework

Selain membuat program menjadi lebih mudah dan cepat karena framework telah menyediakan fungsi-fungsi yang kita butuhkan. Keuntungan menggunakan framework yakni penulisan kode kita akan memilliki standard. Seperti yang dijelaskan pada paragraf sebelumnya.
Bayangkan jika anda membuat sebuah program yang cukup besar dengan tenaga 10 orang programmer, tentu tiap tiap orang memiliki gaya penulisan kode yang berbeda-beda dan ketika da masalah muncul ditengah jalan akan terasa sulit memahami kode yang ditulis oleh orang lain (walaupun kebanyakan software house memiliki standardnya sendiri). Tapi dengan menggunakan framework, gaya penulisan kode akan mengikuti standard dari framework yang digunakan sehingga penulisan kode antar tim anda tidak akan terlalu jauh berbeda. Maka sangat masuk akal ketika sebuah perusahaan mengharuskan seorang programmer untuk menguasai framework.

Jenis-Jenis Framework PHP

Banyak sekali jenis framework yang bisa anda gunakan untuk membangun aplikasi. Beberapa framework populer saat ini adalah Laravel, Codeigniter, YII, CakePHP, Zend, Simfony dan lain sebagainya. Berikut adalah data penggunaan framework terbanyak.

Sudah tau kan keuntungan framework ? Buat semuanya jadi lebih mudah dan lebih cepat, demikian dan semoga bermanfaat.