Siapa yang tak kenal Jack Ma Orang merupakan seorang pebisnis berkebangsaan Tionghoa. Dia merupakan pendiri sekaligus Chairman Eksekutif dari Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok. Dia merupakan warga China Daratan pertama yang pernah muncul di majalah Forbes dan terdaftar sebagai biliuner dunia.

Pada hari ini Jack Ma mengumumkan untuk pensiun, Ma akan digantikan oleh Daniel Zhang Sebagai Ketua tahun depan. Ma pensiun dari perusahaan yang ia dirikan  pada tahun 1999 , Ma berencanan untuk mendedikasikan waktunya untuk filantrops dalam pendidikan.

Jack Ma akan terus melayani sebagai anggota dewa sampai rapat umum pemegang saham pada tahun 2020, setelah itu Ma akan tetap menjadi mitra seumur hidup dari Kemitraan Alibaba, Kepergian dari Alibabab Group sangat bertahap ” Saya telah menaruh banya pemikiran  dan persiapan dalam rencana suksesi selama 10 tahun.” tulisnya.

“Alibabab bukan hanya tentang Jack Ma teteapi Jack Ma selamanya akan menjadi milik alibaba”

Alibaba menjadi pionir bisnis e-commerce di China dan sangat memiliki pengaruh cukup besar. Bagaimana ia mendominasi e-commerce dan pembayaran digital, serta mengubah gaya belanja masyarakat di China, menunjukkan peran Jack Ma dan Alibaba yang dipimpinnya sangat fundamental.

Di antara sejawat di generasinya, Jack Ma menjadi yang pertama pensiun dari industri digital. Ma memang pernah mengungkapkan keinginan untuk mengikuti jejak bapak Microsoft, Bill Gates yang mendirikan yayasan atas namanya.