Kembangkan Kemampuanmu di Dunia Ilmu Komputer Bebas Biaya

Kembangkan kemampuan, hal ini memang harus menjadi fokus seorang programmer dimana kian hari permasalahan pun kian rumit dan tools yang berdatangan pun semakin baru dan canggih. Belum lagi berbagai disiplin yang menjadi pendatang baru yang dapat membuat seperti tergerus oleh zaman dan generasi baru.

Dunia programming adalah dunia yang cepat berubah. Begitu juga cepat berakhir bila kemampuan kita tidak dipelihara dengan baik. Sekalipun sudah menjadi seorang dosen apabila kita tidak mau berlatih, tentu akan kalah oleh mahasiswa yang dididik untuk menjadi generasi programmer masa datang.

Belum lagi dunia kerja yang semakin modern membuat beberapa persyaratan bagi seorang programmer pun tidak cukup hanya dengan mengirimkan curriculum vitae saja. Berbagai hal diperlukan seperti portofolio yang dipampang di Github atau mengikuti sertifikasi sangat dibutuhkan oleh programmer yang ingin melamar ke sebuah perusahaan.

Tentu kita ingin kemampuan kita berubah banyak dan menjadi semakin baik. Apalagi bila mendapatkan hadiah yang setimpal. Entah itu berupa pengakuan dalam bentuk sertifikat ataupun hadiah tunai bila mengikuti suatu lomba.

Berikut ini ada beberapa tempat dimana kamu dapat mengembangkan kemampuan kamu, dan tentu saja apa yang sudah kamu luangkan di tempat tersebut dapat kamu gunakan untuk melamar pekerjaan di suatu tempat walaupun bukan persyaratan yang sangat utama. Namun perusahaan dapat mempertimbangkan kamu untuk bergabung dengan perusahaanya bila kamu pernah menggunakan kelima platform ini.

1. Hacker Rank

Online programming contest biasanya digunakan oleh mahasiswa untuk menjalankan suatu lomba di taraf nasional ataupun daerah. Ada juga yang menggunakan teknologi ini sebagai sarana untuk mempermudah dosen dalam memberikan kuliah Algoritma dan Pemrograman.

Namun munculah suatu perusahaan bernama Hacker Rank yang membuat online programming contest menjadi lebih profesional dan memiliki sejumlah hadiah diantara kompetisi yang diselenggarakannya. Banyak juga perusahaan yang melakukan rekrutmen dengan melihat ranking seseorang melalui platformini.

Selain dapat belajar, kamu juga dapat menguji kemampuan programming-mu melalui berbagai problem set yang telah disediakan oleh komunitas Hacker Rank. Dan hasil yang kamu peroleh dapat menjadi penilaian suatu perusahaan untuk merekrut kamu.

Beberapa materi yang dapat kamu jajal antara lain:

  • Python, Java, PHP, Javascript, C#, dan bahasa pemrograman lainnya
  • basic programming
  • data structure
  • algorithm
  • math and number theory
  • machine learning
  • statistika
  • dan lainnya

Bila ingin hadiah, kamu dapat mengikuti sejumlah kompetisi online yang diselenggarakan oleh HackerRank

2. Hacker Earth

Tak berbeda jauh dengan HackerRank, sistem ini juga dapat membantu kamu untuk mempermudah rekrutmen setelah kamu menyelesaikan berbagai macam problem set yang disediakan. Hanya saja HackerEarth lebih populer dibandingkan Hacker Rank dari segi pengguna.

Soal yang diberikan pun jauh lebih banyak dibandingkan dengan Hacker Rank. Selain itu ada pula aplikasi bernama CodeMonk yang dikembangkan oleh HackerEarth untuk mempermudah kamu mempelajari pemrograman dari berbagai topik yang biasa diajarkan di jurusan ilmu komputer.

Tentu kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sedikitpun untuk menggunakannya. Malahan kamu bisa mendapatkan hadiah bila mengikuti kontesnya.

Selama kamu punya kemauan, kamu dapat menyelesaikan berbagai problem setbaru yang akan diberikan oleh komunitas.

3. Kaggle

Hampir mirip dengan HackerRank dan Hacker Earth hanya saja platform ini ditujukan untuk data scientist. Bukan hanya coding, namun hasil analisa dan pemaparan yang kamu sampaikan di forum akan menjadi bahan pertimbangan dan penilaian seseorang dalam memberikan nilai.

Selain itu ada juga berbagai tantangan yang akan diberikan bila kamu tertarik untuk mendapatkan sejumlah uang. Terlebih bisa dilakukan secara tim. Kaggle telah menyelenggarakan berbagai event secara online dan diikuti oleh banyak data scientist.

Kaggle pun memiliki banyak bahan belajar yang dibuat oleh komunitasnya dan juga berbagai problem set yang siap dipecahkan oleh siapa saja yang tertarik untuk menyelesaikannya.

4. Microsoft Virtual Academy

Ingin sertifikasi gratis dari Microsoft untuk berbagai teknologi Microsoft dan open source seperti Node.js? Kamu dapat bergabung bersama Microsoft Virtual Academy. Ada banyak sekali topik yang dibahas seperti Azure, C#, ASP.NET, big datamachine learning, SQL Server, dan teknologi lainnya.

Disini kamu dapat mengikuti sejumlah course dengan berisi materi berupa video dan kuis. Kemudian ada juga yang berbasis praktek. Setelah kamu lulus, kamu akan mendapatkan sejumlah sertifikat resmi dari Microsoft walaupun kedudukanya tidak sama tinggi dengan Microsoft Certified.

Namun sertifikatnya dapat kamu gunakan juga bila ingin melamar ke suatu perusahaan bahwasanya kamu pernah mempelajari teknologi Microsoft langsung dari Microsoft.

Apakah untuk mengikuti course-nya harus bayar? ga kok, full gratis selama ada koneksi internet :D.

5. Udemy

Hampir serupa dengan Microsoft Virtual Academy, hanya saja course yang diterbitkan tidak dibawah Udemy langsung. Melainkan course datang dari berbagai penyedia course kemudian memberikan sertifikatnya bila telah menyelesaikan course.

Karena tidak dimonopoli oleh suatu vendor jadi didalamnya terdapat berbagai course gratis dari berbagai topik dan teknologi. Namun ada juga yang berbayar mulai dari harga Rp. 200.000 hingga Rp. 10.000.000++.

Saat ini memang kursus online lebih mudah dijalani dan lebih murah harganya. Hanya saja karena sifatnya pasif, kita hanya dapat mendengarkan penjelasan dari instruktur saja tanpa bisa tanya jawab secara langsung. Namun karena masih banyak course gratis yang dibuka, lebih baik dimanfaatkan saja langsung.