Hello hello, kabar kembira untuk Anda pecinta bahasa php, yang sering menggunakan php, atau suka melakukan php? Sudah keluar loh versi 7-nya, woww?

Ya memang PHP terus berkembang dengan berjalannya waktu, dan pada tahun 2015 lalu PHP telah meluncurkan versi terbarunya yakni PHP 7 (masih beta ketika baru dirilis) namun sekarang PHP 7 telah mencapai versi terbarunya yakni versi 7.0.2.

Seperti apa fitur terbarunya ? berikut akan kita bahas bersama …

Null Coalescing Operator / Operator Penggabungan Null

Fitur ini ditambahkan sebagai penyempurna masalah yang perlu menggunakan terner yang berhubungan dengan isset(). Fitur ini akan mengembalikan nilai operan pertama jika ada dan tidak kosong (null), jika tidak maka akan mengembalikan nlai operan kedua.

Spaceship Operator

Fitur baru di PHP7 ini juga disebut three way comparison operator yaitu sebuah operator perbandingan yang memiliki 3 kemungkinan nilai balik : 0 jika yang dibandingkan setara, nilai balik : -1 jika nilai yang sebelah kiri lebih kecil dan 1 jika nilai sebelah kiri lebih besar

Return Type Declarations

Fitur baru ini merupakan penambahan dukungan untuk Return Type Declaration, fitur ini memungkinkan seorang programmer untuk mendeklarasikan sebuah tipe data dari nilai yang dikembalikan oleh fungsi tersebut

Constact Array Using define()

Kalau di dalam PHP 5.6 anda hanya bisa mendefinisikan Constant Array dengan menggunakan const, di PHP7 anda bisa mendefinisikannya dengan menggunakan define().

Scalar Type Declarations

Scalar Type Declarations dimunculkan dengan dua tipe, yakni coercive (default) dan strict. Berikut adalah jenis jenis parameter yang dapat digunakan baik itu dalam bentuk coercive maupun strict yakni strings, integers, floating-point number dan Booleans.

Anonymous Classes

PHP7 kini telah mendukung anonymous classes, fitur ini dapat digunakan untuk mengimplementasikan interface tanpa harus meload class yang sama.
Beberapa contoh kode diatas diambil dari situs resmi php.net. Demikian mungkin yang dapat saya sampaikan mengenai fitur baru PHP7 , anda bisa melihatnya lebih lengkap disitus resminya php.net.