Hallo coder, pada tutorial kali ini kita akan membahas tentang manipulasi string di php, Manipulasi string digunakan untuk mengolah suatu inputan yang dimasukkan oleh user atau di ambil dari database. Biasanya manipulasi ini digunakan untuk satu alasan tertentu, seperti misalkan mencocokan password, validasi kecocokan email, menampilkan text dengan format tertentu.

Manipulasi String :

  1. strlen()
    Jika kita ingin menghitung jumlah karakter yang berada dalam sebuah kata atau kalimat kita bisa menggunakan strlen()  Untuk menghitung jumlah karakter dalam string.

     
  2. strcmp()Membandingkan 2 string biasanya digunakan untuk pencocokan password, atau pencocokan email. Di gunakan fungsi strcmp();

     
  3. strtoupper()Ini adalah istilah lain dari mengubah text yang tadinya huruf kecil semua menjadi huruf besar semua. Cara penggunaannya cukup mudah, cukup dengan menggunakan strtoupper();
  4. strtolower()
    Ini adalah istilah lain dari mengubah text yang tadinya huruf besar semua menjadi huruf kecilsemua. Cara penggunaannya cukup mudah, cukup dengan menggunakan strtolower();
  5. nl2br()
    Menambah baris baru, Ketika anda mengetikkaan sebuah kalimat dalam PHP  dengan banyak baris di dalamnya
  6. strip_tags()
    Memfilter tag html atau menonaktifkan tag html yang tidak dibutuhkan.
  7. explode()
    String yang berisi kata-kata akan dipecah, sehingga menjadi array-array, yang nantinya digunakan untuk kebutuhan tertentu.

  8. implode()
    implode berfungsi sebaliknya, yakni menggabungkan array menjadi satu string, contohnya adalah seperti ini:
  9. strpos()
    Untuk mencari posisi suatu karakter atau string anda dapat menggunakan strpos(). Contohnya adalah sebagai berikut .
  10. substr()Menampilkan sebagian isi string dengan substr() biasanya di gunakan untuk artikel yang akan di tampilkan, dalam tampilan list.
  11. str_replace()Menimpa karakter dengan karakter yang lain dengan str_replace()
  12. trim()trim() digunakan untuk menghilangkan spasi, dikiri atau dikanan, biasanya digunakan untuk proses pengolahan inputan username dan password yang dilakukan oleh user, biasanya ini terjadi ketika user tidak sengaja/lupa menekan tombol spasi di keyboard, untuk menanganinya anda dapat menggunakan trim()