Pada tutorial kali ini kita akan Membuat Helper Select Option di Codeigniter , kita sering menggunakan select option untuk pemilihan inputan dengan data yang banyak, mengapa kita menggunakan helper ? karena untuk mempermudah dalam penampilan data dari database ke select option. yang belum mengetahui model bisa lihat di totorial Menggunakan Model di Codeigniter. sebelum ke contoh kita buat dulu model dan controllernya.

Sekarang kita buat contoh select option dengan cara yang biasa. coba ketikan coding dibawah ini.

cara di atas adalah cara dimana kita mengambil data lewat controller dan model, tapi dengan adanya helper kita bisa langsung mengambil data dengan memanggil nama tablenya, seperti contoh di bawah ini. sebelum itu buat terlebih dahulu helper dengan nama myselect_helper.php. dan ketikan code dibawah ini

Setelah kita buat helper kita load terlebih dahulu di autoload.php di bagian helper.

lalu ketikan code dibawah ini.

lalu apa bedanya dengan tidak menggunakan helper, dengan menggunakan helper lebih mempersedikit codingan yang kita buat, karena kita tidak perlu menggunakan model. kita hanya perlu controller dan view saja, serta helper, dan dengan helper juga akan mempermudah kita dalam pemanggilan selanjutnya. ketikan code dibawah ini dan lihat perbedaannya.

sekian tutorial Memuat Helper Select Option di codeigniter, semoga dapat bermanfaat jangan lupa share dan Klik satu iklan untuk donasi website kami.