Laravel adalah framework php yang sedang populer saat ini. banyak yang sudah dan sedang memakainya.

Laravel adalah proyek open source yang oleh Taylor Otwell, untuk menyediakan framework alternatif yang lebih canggih dibandingkan CodeIgniter.

saat itu Codeigniter tidak memiliki beberapa fitur penting, itulah yang membuat Taylor Otwell untuk mengembangkan aplikasi berbasis web dengan arsitektur MVC (Model-View-Controller).

Beberapa fitur Laravel antara lain, Artisan, Migrate Database, Namespace, desain yang modular, Testing dan masih banyak lagi.

Semua fitur itu memudahkan developer dalam pengembangan maupun maintenance.

Semua itu mengarah kepada sintaks yang pendek dan mudah dipahami (syntactic sugar). Fitur-fitur tersebut akan kita bahas lebih detil di tutorial selanjutnya.

Rilis pertama Laravel dilakukan pada 9 Juni 2011 dengan versi beta, dan diikuti dengan rilis Laravel 1 pada bulan yang sama. dan sekarang versi terbaru Laravel versi 5.8.

Fitur Unggulan

  • Eloquent ORM

ORM memiliki kepanjangan Object Relational Mapping, dengan ORM kita bisa melakukan operasi CRUD ke database tanpa harus menulis SQL Command.

ORM inilah yang bertugas untuk menulis SQL Command untuk kita. Laravel menggunakan ORM yang bernama Eloquent. contohnya jika memakai native

Bandingkan dengan menggunakan Eloquent ORM

berbeda sekali bukan dengan menggunakan PHP native. kita tetap menggunakan SQL Command namun dengan menggunakan Eloquent ORM akan lebih singkat code yang di hasilkan.

Selain itu Eloquent ORM juga memiliki fitur unggulan lain seperti Mudah mengganti database.

Jika kita Menggunakan MYSQL ingin pindah ke ORACLE itu mudah kita hanya perlu menggunakan syntax yang sama. dan satu lagi yaitu mudah membuat sebuah relation antar table.

  • Template Engine (Blade)

Laravel memanfaatkan templating engine yaitu Blade. Blade berguna untuk menghindari penulisan yang berulang, memudahkan dalam Templating, Memudahkan dalam memanggil dan menyembunyikan commponent.

  • Migration

Migration memudahkan kita mengelola struktur database dan tabel aplikasi kita.

Jika kita terbiasa membuat tabel atau field menggunakan GUI semisal PHPMyAdmin atau SQL Management Studio, maka dengan Migration kita bisa langsung melakukannya dari teks editor tanpa berpindah aplikasi.

  • Policy & Gate

Dalam aplikasi Laravel kita bisa lebih mudah untuk menetapkan hak akses ke aplikasi atau ke fitur-fitur tertentu dengan Policy & Gate.

  • Built-in JSON

Kamu bisa mengembangkan aplikasi dengan view Blade ataupun menggunakan frontend javascript seperti VueJS, ReactJS atau yang lain.

dari semua fitur diatas mahis banyak fitur unggulan laravel lainya. Mengapa kita menggunakan laravel ? Karena laravel bersifat Open Source atau gratis, memiliki ekosistem yang baik, memiliki kemamanan yang baik pula, dan mudah dalam pengembangan.

Kesimpulan

Laravel cocok buat kamu developer yang ingin merhatikan keindahan code, Keamanan, dan modern. dengan fitur fitur yang dimiliki laravel, akan memudakan kita dalam pembuatan sebuah web, selain itu juga laravel telah bisa di gunakan di PHP 7. jadi apakah kamu akan berpidah hati ke laravel ?

Baca juga Mengenal Vue JS

shares