Mengenal VueJS lebih dalam

VueJS adalah salah satu framework Javascript yang sangat populer, Javascript telah memberikan keindahan pada sebuah website, membuat halaman web akan lebih dinamis. Javascript merupakan bahasa pemograman web terpopuler karena memiliki fitur dan tingkat portabilitas yang baik. sehingga banyak yang menggunakan sampai saat ini.

Sampai saat ini terdapat banyak sekali framework Javascript, sebut saja AnggularJS, ReactJS, MeteorJS, VueJS dan msih banyak lagi framework javascript lainnya.  VueJS hadir dengan fitur fitur yang sangat mempuni, dengan beberpaa keunggulan dari yang lain.

  • Approachable (pendekatan yang sangat mudah)
  • Maintainable (Pemeliharaan yang mudah)
  • Versatile (serba guna, terdapat banyak library)
  • Reactive (terhadap perubahan)
  • Performant (Performa yang cepat dengan ukuran yang kecil)
  • Testable (pengujian yang mudah)

Selain itu, VueJS menyediakan antarmuka Vue CLI untuk membangun sebuah web dengan mudah. Oleh sebab itu tingkat popularitas VueJS terus meningkat hanya dengan waktu sekitar 3 tahun. VueJS mampu menjadi Pesaing yang tidak mudah di tandingi.

Hasil Survey Popularitas Framework Javascript

Hasil Survey Popularitas Framework Javascript

Gambar di atas adalah hasil survey popularitas Framework Javascript yang dilakukan oleh StateOFJS pada tahun 2017

Apa itu VueJS ?

VueJS merupakan sebuah framework Javascript yang digunakan untuk membangun sebuah user inteface dengan mengacu pada arsitektur MVC (Model, View, Controller). MVC merupakan sebuah metode dimana untuk membbangun sebuah aplikasi dengan memisahkan antara unsur Data (Model), Unsur User (view), dan Unsur Proses (Controller).

VueJS bekerja pada layer View, sehingga mudah dalam menyatukannya dengan berbagai library atau proyek sebelumnya. VueJS juga sangat baik jikka di gunakan untuk membangun sebuah SPA (single page aplications).

VueJS merupakan proyek open-source yang di ciptakan Evan You pada 2014, setelah sebelumnya dia bekerja untuk Google dalam proyek AngularJS yang merupakan framework Javascript besutan Google, Sehingga ada beberapa konsep dari VueJS yang telah di adaptasi oleh AngularJS

Setelah kita Mengenal VueJS, Jadi kamu siap untuk mulai Belajar VueJS ? dalam tutorial yang akan datang akan banyak tutorial dalam lebih mengenal vueJS tentunya dengan contoh sebuah Aplikasi pada akhirnya. jadi terus pantau web warungcode.com. Salam Coders!!!