Fungsi ini berisi sekumpulan perintah program, bisa berisi argumen if, pengulangan, variable, yang dapat menerima inputan berupa variable berisi nilai kemudian mengolah nilai tersebut sesuai dengan kebutuhan. kalau dalam bahasa sederhananya fungsi sebuah wadah yang bisa kita isi dan bisa kita panggil, bentuk umum dari sebuah fungsi seperti berikut

jadi dalam sebuah fungsi kita bisa panggil berkali kali, dan menginput banyak parameter sesuai yang kita butuhkan. lihat contoh dibawah ini.

coba buka dan lihat apa yang terjadi ? kita hanya perlu memanggil fungsi untuk mengeluarkan code yang ada di dalamnya.

Menggunakan parameter dalam fungsi
Sekarang kita akan menggunakan parameter dalam fungsi, Parameter mewakili variable yang nilainya akan diolah. dalam contoh berikut kita akan menampilkan nilai yang dikirim lewat fungsi.

Pada contoh berikutnya kita akan membuat sebuah kalkulator menggunakan fungsi di php.

Mengembalikan Nilai Fungsi
Mengembalikan nilai fungsi dilakukan jika anda menginginkan nilai dari fungsi tersebutdi olah dalam suatu variable tertentu. Nah biasanya nilai dalam variable nantinya akan digunakan oleh fungsi yang lain. Untuk mengembalikan nilai fungsi, digunakan suatu fungsi return. Contoh implementasinya :

Jadi fungsi dapat anda pakai jika anda membutuhkan sebuah algoritma atau code yang selalu anda pakai agar mempermudah dan mempersedikit code program anda, dari contoh di atas anda dapat mengkreasikan seperti yang anda mau.