Pada kali ini kita akan membahas tentang coditional atau pengandaian, yang dikenal dengan istilah jika – maka, Jika X melakukan A maka akan dapat B, Jika C melakukan D maka akan dapat E, dan seterusnya. Pengandaian dalam javascript merupakan suatu perintah yang digunakan untuk memilih satu aksi dari beberapa kemungkinan dengan syarat tertentu.

Pengandaian yang ini sering digunakan dalam sebuah pemograman, begitu juga pada VueJS, ada beberapa directive bertipe pengandaian yang dibuat untuk memudahkan depeloper dalam melakukan pengembangan dalam programnya. kita kasih contoh sederhana di bawah ini.

Coba lihat code diatas pada bagian app.js ada dua buah variable dalam data, variable pertama tampil sebagai acuan untuk if dan variable kedua pesan sebagai data yang akan di tampilknan. <b v-if=”tampil”> {{ pesan }} </b>  kita memakai v-if untuk pengandaiannya.

Coba rubah tampil nya jadi false, maka pesan tidak akan muncul begitu pula sebaliknya jika true pesan akan muncul terus bagaimana jika kita ingin memberi nilai pada sebuah if, coba lihat code dibawah ini.

 

 

pada code di atas kita memberi sebuah nilai pada ifnya yaitu ada, coba rubah menjadi tidak maka tidak akan ada pesan yang keluar. coba rubah codenya seperti dibawah ini.

Didalam code diatas kita menggunakan else, tidak enak menceritakan if tanpa else wkwkwk, yang akan keluar dari code diatas adalah pesan yang kedua mengapa ? karena variable tampil bernilai false. coba rubah menjadi true maka yang akan keluar adalah pesan1.

Penggunaan if dan else vueJS sama seperti bahasa yang lain hanya beda dalam codingannya strukturnya sama saja, anda bisa kreasikan code diatas seperti yang anda mau. Jangan lupa share artikel ini semoga bermanfaat. Salam Coder.