Mudah Bekerja dengan Waktu di JavaScript Menggunakan Moment.js

Waktu merupakan salah jenis data yang paling sering kita temui. Bekerja dengan waktu di Javascript secara manual cukup merepotkan apa lagi jika harus berurusan dengan locale masing-masing. Untuk mengatasi masalah ini, moment.js diciptakan.

Moment.js merupakan sebuah pustaka yang didesain untuk dapat mem-parsing, memvalidasi, memanipulasi serta menampilkan tanggal dan waktu di Javascript. Pustaka ini dapat bekerja dengan baik di browser ataupun Node.js. Untuk saat ini browser yang dipakai untuk pengujian moment.js adalah IE 8, 9, dan 10 di Windows 7, IE 11 di Windows 10, Chrome di Windows XP, Firefox terbaru di Linux, dan Safari terbaru di OSX 10.8 dan 10.11.

Moment.js dapat dipasang manual dengan memanggil file javascriptnya atau dipasang menggunakan package manager.

File moment.js memiliki ukuran hanya 16.6k dan menggunakan Bahasa Inggris. Jika ingin menggunakan bahasa lain dalam format tampilan tanggal dan waktu kita dapat menggunakan moment-with-locales.js mendukung 115 bahasa termasuk Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa. Berikut contoh hasil penggunaan moment.js untuk menampilkan tanggal dan waktu dalam Bahasa Indonesia dan Jawa.

Situs resmi moment.js dapat dikunjungi di momentjs.com. Panduan serta dokumentasinya dapat ditemukan di sini dan di sini.