Setiap website yang ada di dunia ini dibangun menggunakan bahasa yang dinamakan HTML. HTML menjadi sebuah kerangka membentuk struktur sebuah halaman website.

HTML adalah singkatan dari Hyper Text Markup Language. HTML mendeskripsikan struktur halaman sebuah website. Sebuah halaman HTML dibangun oleh blok-blok konten yang disebut elemen HTML.

Dokumen HTML ditampilkan oleh aplikasi yang dinamakan browser. Browser tidak akan menampilkan kode HTML, tetapi menggunakan kode HTML untuk menentukan bagaimana konten dokumen tersebut seharusnya ditampilkan.

Sejak pertama kali web ditemukan, sudah muncul dan berkembang versi dari HTML, yakni bermula dari versi 1 di tahun 1991. Kemudian HTML 2.0 lahir pada tahun 1995 dan HTML 3.2 pada tahun 1997. HTML 4.01 muncul pada tahun 1999 dan disempurnakan dengan XHTML pada tahun 2000. Versi terakhir HTML adalah HTML5 yang diperkenalkan pada tahun 2014 dan digunakan hingga saat ini.

Hypertext Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII normal sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML dibuat oleh kolaborasi Caillau TIM dengan Berners-lee Robert ketika mereka bekerja di CERN pada tahun 1989 (CERN adalah lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa). Sumber : wikipedia

Pada dasarnya elemen HTML ada 2 kategori:

1. Elemen berfungsi untuk memberikan informasi atau mendeklarasikan dokumen tersebut.

2. Elemen berfungsi untuk menentukan bagaimana isi suatu dokumen ditampilkan pada browser.

Seperti itulah pengertian html, sampai saat ini versi terbaru HTML adalah html versi 5, masih banyak lagi tutorial html yang akan kita bahas, semoga dapat membantu anda. tunggu tutorial selanjutnya.