Apa itu FTP?

Bagi anda seorang developer yang biasa berkutat dengan proses upload file website, kata FTP bukanlah hal baru. Dengan FTP anda dapat melakukan proses upload file website dengan mudah. Menurut Wikipedia, FTP adalah salah satu protokol Internet untuk melakukan upload dan download berbagai file komputer atau website antara FTP Client dan FTP Server. FTP bekerja menggunakan protokol TCP (Transmission Control Protocol) untuk berkomunikasi antara pihak client dan server. Secara teknis, File Transfer Protocol atau FTP menggunakan port 21 sebagai pintu gerbang agar komunikasi dapat terbangun.

Bagaimana Cara Mengakses FTP?

Terdapat berbagai cara untuk mengakses FTP baik melalui FTP Client ataupun web browser. Terdapat berbagai macam FTP Client yang dapat anda gunakan diantaranya yaitu FileZillaCyberDuck dan sebagainya. FTP Client ini akan lebih mempermudah anda dalam proses upload dan download file website. FileZilla merupakan salah satu FTP Client yang sangat populer di kalangan pengguna Windows, Linux maupun Mac. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai cara akses FTP melalui FileZilla, dapat anda baca di Panduan Upload File Website dengan FileZilla.

Mengatasi masalah FTP

Terdapat beberapa masalah terkait dengan cara akses atau penggunaan FTP. Diantaranya yaitu,

Timeout koneksi FTP

Masalah ini muncul pada saat anda akan melakukan login. Tiba- tiba saja koneksi menjadi terputus. Hal itu dapat terjadi dikarenakan ada beberapa hal. Misalnya,
– Port 21 yang berfungsi pintu gerbang FTP tidak diperbolehkan oleh penyedia jasa layanan ISP. Untuk itu, silahkan anda hubungi penyedia jasa layanan ISP untuk membuka port 21.
– Pengaturan FTP Client harus di set Mode Passive.
– Nama domain sudah expired. Silahkan cek melalui IP pada web browser. Apabila telah expired maka silahkan perpanjang terlebih dahulu.

421 Direktori Beranda Tidak Tersedia

Apabila anda menemui error seperti ini hal itu berarti akun FTP anda tidak bisa mengakses direktori home. Mengapa tidak bisa diakses? Karena direktori home tersebut tidak ada. Adapun solusinya anda harus membuat akses direktori home untuk akun FTP tersebut. Caranya yaitu buka cPanel kemudian pilih FTP Accounts.

FTP Error Ketika Login Salah

Ketika anda mengalami error pada saat salah memasukkan password login maka silahkan mengganti password FTP anda melalui cPanel. Buka cPanel, silahkan ketik FTP Accounts pada form pencarian. Kemudian pilih FTP Accounts. Ganti password lama dengan password yang baru.

Tidak mungkin untuk terhubung ke server

Error ini biasa terjadi ketika anda mencoba untuk login akun FTP. Kemudian anda tidak menjumpai adanya folder home di sana. Sehingga, anda tidak dapat terhubung dengan server yang ada. Untuk itu, anda perlu membuat folder home kembali untuk akun FTP melalui file manager.

Penggunaan Bandwidth Anda dibatasi

Hal ini berarti koneksi FTP dari FTP client ke server menggunakan bandwidth yang “restricted” atau terbatas. Pembatasan bandwidth ini sebenarnya digunakan untuk mencegah transfer FTP yang berlebih.

Apakah ada Pengaturan FileZilla yang Warungcode Rekomendasikan?

Ya. Tentu saja. Kami merekomendasikan anda untuk melakukan konfigurasi seperti berikut ini,

Aktifkan mode Passive

Silahkan pilih Edit -> Settings -> Connection -> FTP -> Klik pada tulisan Passive

Aktifkan mode Transfer on Failure

Silahkan pilih Edit -> Settings -> Connection -> FTP -> Klik pada Allow fall back to other transfer mode on failure

Aktifkan selalu Mode Send FTP

setting ftp

Silahkan pilih Edit -> Settings -> Connection -> FTP -> Klik pada Send FTP keep-alive commands.

Penutupan

FTP adalah salah satu protokol Internet untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara FTP Client dan FTP Server. Anda dapat mengakses FTP (File Transfer Protocol) melalui beberapa cara seperti web browser maupun FTP Client seperti FileZilla, CyberDuck dan sebagainya.Ada beberapa troubleshooting serta solusi yang dapat anda gunakan ketika mengalami suatu permasalahan (error). Kami juga merekomendasikan beberapa konfigurasi FileZilla yang dapat anda lakukan agar proses upload dan download file website menjadi lebih efisien.