Tutorial Membuat CRUD PHP Dengan MySQL

CRUD adalah akronim untuk Create, Read, Update, dan Delete. Operasi CRUD adalah manipulasi data dasar untuk database. Dalam tutorial ini kita akan membuat aplikasi PHP sederhana untuk melakukan semua operasi ini pada tabel database MySQL di satu tempat.

Kita akan membuat sebuah aplikasi dengan tampilan seperti pada gambar di bawah dengan sebuah tabel yang menampilkan data dari database di sisi frontend. Terdapat beberapa tombol untuk mengubah data yang ada di database lewat antarmuka yang kita buat. Tabel pengguna yang kita buat akan berisi informasi pengguna seperti nama, nomor telepon, email, dll.

Langkah-Langkah Pembuatan CRUD

1. Membuat Database.sql

Pertama kita buat terlebih dahulu file database.sql kemudian kita impor file ‘database.sql’ ini ke dalam database (menggunakan PHPMyAdmin).

2. Membuat file config.php

File config.php menyimpan informasi tentang database host, username dan password. Sebagian besar server lokal bekerja dengan detail yang diberikan. Anda dapat mengubahnya sesuai dengan detail host dan database Anda.

Untuk menghubungkan PHP dengan MySQL, kita menggunakan fungsi mysqli_connect() dengan alamat server sebagai parameter pertama, user database sebagai parameter kedua, password user sebagai parameter ketiga, dan nama database sebagai parameter keempat.

Silahkan isi password sesuai dengan yang dibuat di servernya. Jika tidak menggunakan passsword, maka isikan dengan String kosong saja.

3. Membuat file index.php

File index.php merupakan file utama yang menyertakan file konfigurasi untuk koneksi database. Kemudian menampilkan semua daftar pengguna menggunakan MySQL Select Query. Pengguna yang akan ditampilkan di dalam daftar perlu menambahkan terlebih dahulu menggunakan tautan ‘Tambahkan Pengguna Baru’.

4. Membuat file add.php

File add.php berfungsi untuk menambahkan pengguna baru. Formulir HTML digunakan untuk menerima masukan data pengguna. Setelah data pengguna diserahkan, MySQL INSERT Query digunakan untuk memasukkan data pengguna ke dalam database.

5. Membuat file edit.php

Edit.php digunakan untuk mengedit / update data pengguna. Anda dapat mengubah data pengguna dan memperbaruinya. File ini akan mengarahkan pengguna kembali ke homepage, setelah update sukses.

6. Membuat file delete.php

File delete.php hanya dipanggil saat kita klik link ‘Delete’ untuk pengguna manapun yang dipilih.