Tutorial Membuat Shoutbox Dengan PHP MySQL Dan JQuery

Shoutbox, adalah fitur seperti chat dari beberapa situs web yang memungkinkan orang untuk segera meninggalkan pesan di situs web, umumnya tanpa formulir pendaftaran pengguna.

Dalam bentuk yang paling sederhana, shoutbox hanya pesan singkat, mungkin dengan informasi tentang penulisnya. Halaman dapat disegarkan secara otomatis setelah interval tertentu, atau disurvei secara dinamis agar pesan baru tetap terlihat. Posting lama sering dihapus setelah sejumlah pesan telah ditulis agar hemat ruang penyimpanan di server.

Kita akan membuat shoutbox dengan tampilan facebook seperti pada gambar di bawah ini

Langkah langkah

1 Membuat Database table.sql

2 Membuat file shout.php

Penjelasan code:

Menghubungkan database ke mysql

Memasukan pesan baru di Database

Pesan waktu diposting akan muncul waktu

3 Membuat file index.php

Penjelasan kode: Mengirimkan data ke “shout.php” menggunakan jQuery $ .post()

Menambhakan data ke dalam kotak pesan dengan efek jQuery fade

4 jQuery

Dengan menggunakan setInterval () kita akan me-refresh obrolan setiap 1000 milidetik, obrolan akan mengirimkan panggilan ajax ke shout.php dan memuat data yang dikembalikan ke dalam elemen, memperbarui shoutbox dengan pesan baru yang ditambahkan.

Saat user menulis sesuatu dan menekan tombol enter, kita perlu mengirim data yang dimasukkan ke shout.php. Pemicu tombol () metode pemicu saat tombol ditekan ke bawah, dan (evt.which == 13) kondisi yang memastikan tombol ditekan adalah tombol Enter, maka kita dapat melanjutkan dengan metode ajax $ .post (),berikut contoh di bawah ini. Kita dapat mengganti tombol tekan () dengan metode .click (), namun Kita perlu menambahkan tombol di HTML.

Download Source Code

 

Sumber : https://www.sanwebe.com/2013/04/creating-shout-box-facebook-style/comment-page-1