Upload File Website Melalui FileZilla

FileZilla merupakan salah satu FTP (File Transfer Protocol) client yang digunakan untuk melakukan transfer data dari komputer anda ke web hosting . Bagi sebagian orang, menggunakan FileZilla lebih menyenangkan karena kemampuannya dalam transfer ribuan file lebih mumpuni. Sebenarnya, . Namun, apabila anda ingin mengupload file yang jumlahnya besar, maka tentunya menggunakan FileZilla akan lebih efisien.

Instalasi FileZilla

FileZilla ini dapat anda dapatkan secara gratis di http://filezilla-project.org/download.php. Anda cukup mendownload kemudian melakukan instalasi biasa. Setelah proses instalasi selesai maka akan muncul tampilan awal seperti ini,

enter image description here

Tampilan Umum FileZilla

Setelah proses instalasi selesai, maka anda akan dihadapkan dengan tampilan dari FileZilla. Tampilan FileZilla ini dibagi dalam 5 bagian.
enter image description here
Adapun bagian- bagian tersebut yaitu,
1. Message Window
Merupakan respon atau message yang timbul dari proses transfer data
2. Direktori Lokal Komputer (Local Site)
Merupakan folder- folder yang terletak di computer anda
3. Content of Directory
Merupakan isi dari direktori yang anda pilih dalam direktori lokal computer
4. Status Transfer File Window
Merupakan status dari proses transfer file upload dan download. Dan juga disertai dengan nama file yang di transfer.
5. Remote Site Windows
Merupakan halaman server tujuan. Dalam hal ini yaitu hosting yang telah anda miliki. Untuk upload file website, jangan lupa untuk tetap berada di folder public_html.

Upload File Website Melalui FileZilla

Untuk mengupload file website anda melalui FileZilla, yang harus dilakukan yaitu,
1. Buka FileZilla terlebih dahulu, kemudian masukkan host, usernamepassword serta port yang digunakan. Untuk host, silahkan isi dengan nama domain anda. Host merupakan alamat yang dituju dalam proses transfer data. Kemudian isikan username dan password dari cPanel anda. Untuk pengisian port, secara default FTP client menggunakan port 21. Setelah itu, klik Quickconnect
enter image description here
2. Apabila berhasil terkoneksi dengan server atau dalam hal ini yaitu hosting, maka dalam Remote Site Window dapat dilihat isi dari hosting anda. Untuk melakukan upload file website, maka pastikan anda telah berada di direktori /public_html. Apabila belum terletak di direktori /public_html, maka scroll kebawah hingga menemukan foldertersebut kemudian klik dua kali. Adapun karakteristik apakah anda telah berada di /public_html yaitu pada bagian bawah Remote Site Window terlihat beberapa folder yang ada di direktori /public_html.
enter image description here
3. Kemudian, langkah selanjutnya yaitu mempersiapkan file website yang akan diupload di hosting. Pilih file websiteyang akan diupload pada local site atau direktori lokal komputer anda. Pastikan isi file dari direktori tersebut muncul di Content of Directory.
enter image description here
4. Klik pada file yang ingin diupload. Anda dapat melakukan proses upload file website satu persatu atau semua sekaligus. Untuk mengupload semua file sekaligus maka anda dapat menggunakan shortcut key ctrl+a pada keyboard. Kemudian klik kanan pada file yang telah di blok, lalu pilih Upload.
enter image description here
5. Tunggu hingga proses upload file selesai. Apabila proses upload telah sukses maka akan muncul status pada Status Transfer File Window. Untuk memutus koneksi dengan server, maka anda dapat memilih tombol disconnect seperti gambar dibawah ini
enter image description here
6. Langkah terakhir yaitu jangan lupa untuk menyesuaikan konfigurasi database dan melakukan impor database dari file anda.